Kiat-Kiat Perawatan Mobil Diesel Dump Truck Agar Awet Dan Nyaman Di Pakai


cara perawatan mobil diesel
by google

Perawatan Mobil Diesel - Kehadirannya di indonesia semakin ramai, hal tersebut seiring dengan majunya perkembangan industri di wilayah tanah air. Mobil dump truck, sangat berjasa dalam mengantarkan roda pembangunan. Berbagai tipe dump truck pun yang beroperasi bermacam-macam, mulai dari yang kapasitas tonisasinya kecil sampai kepada yang sangat besar.

Melihat potensi yang sangat besar di Indonesia sebagai pangsa pasar mobil dump truck, akhirnya banyak pula industri pabrik otomotif yang bersaing di negeri ini. Sebut saja merk, Hino, Mitsubishi, mercedes, Isuzu, Toyota, Nissan, masing-masing memiliki varian truck andalannya masing-masing.
Dari berbagai merk yang beroperasi itu, sekaligus menawarkan kelebihan teknologi yang mungkin memiliki seikit perbedaan dengan yang lainnya. Namun yang bisa di garis bawahi adalah, hampir semua mobil dump truck yang beroperasi di Indonesia bertenaga mesin diesel yang memiliki tenaga besar dalam mengangkut muatan besar. Dan bukan itu saja, hampir sebagian besar mobil diesel dump truck terbaru sudah menggunakan hidrolik dalam membongkar muatannya, sebab hidrolik selain praktis juga lebih memberi kenyamanan bagi pengemudi.

Lokasi operasi di Indonesia pun beraneka ragam, mulai dari jalan pendakian, jalan rata, jalan mulus, jalan berbatu, daerah tambang, samapi kepada daerah perkebunan. Perawatan mobil diesel pun akan berbeda pula dalam penanganannya. Misalnya mobil yang kerap beroperasi di wilayah tambang, memiliki medan berat, memuat material yang kasar, namun jarak tempuh yang dekat.

Sedangkan untuk, truck logistik, medannnya mungkin rata, tetapi jarak tempuhnya yang lumayan jauh. Oleh sebab itu cara perawatan mobil diesel khusus dump truck ini akan berbeda .

Pada kesempatan kali ini, mobilkuhino akan berbagi sedikit tips cara perawatan mobil diesel. Mesin merupakan alat vital pada semua kendaraan, namun untuk mobil dump truck, selain kondisi mesin yang harus aman terawat, agar bisa berjalan dengan lancar. Juga hal yang tidak kalah penting yaitu Hidrolik yang mengangkat dan menurunkan bak. Pada bagian ini membutuhkan perawatan extra, sebab biar mesinnya aman namun jikalau hidroliknya bermasalah maka fungsi dari mobil dump truck inipun akan berkurang.

Beberapa Tindakan Dalam Rangka Perawatan Mobil Diesel Dump Truck

  1. Sebelum menjalankan kendaraan, pada pagi hari, pastikan untuk memanaskan mesin dengan membunyikannya kurang lebih 5 menit. agar seluruh komponen mesin terlumasi secara merata, sebelum membawa beban berat.
  2. Biasakan untuk memperhatikan kondisi tangki bahan bakar, sebaiknya paling maksimal isi tangki jangan sampai habis di jalan atau mogok. Tambahkan solar ketika isi nya 1/3 itu paling maksimal. Sebab sistem injeksi mesin diesel dengan bensin itu sangat berbeda. Jika mesin kehabisan solar, maka sistem injeksi perlu di pompa karena solar tidak menguap. Jika injeksi pump bermasalah segera periksakan di bengkel resmi.
  3. Pergunakan oli mesin yang sesuai standar pabrik. Sebab mesin yang sudah dibekali turbocharger berbeda dengan mesin bensin biasa. 
  4. Perhatikan waktu mengganti saringan oli. Hal ini sangat di anjurkan, agar kondisi mesin biasa selalu bersih.
  5. Selain saringan oli, begitupun dengan saringan udara perlu di ganti sesuai standar pabrik merk mobil yang kita punya.
  6. Jangan mematikan kunci kontak secara mendadak. Sebab beberapa tipe mobil diesel dump truck itu memiliki spek, yang meskipun kita telah mematikan mesin, namun mesin belum benar-benar mati, sampai suhu komponen mesin norma.
  7. Dan terakhir untuk perawatan mobil diesel dump truck adalah Hidrolik. Hidrolik hampir sama pentingnya dengan mesin. Untuk perawatan pada hidrolik itu adalah selalu memperhatikan pada bagian batangan besi agar tidak ada kebocoran. Hendaknya selalu membersihkan bagian, dan jauhkan dari goresan benda tajam, sebab goresan yang cukup pada batang besi hidrolik dapat mempercepat aus karet sel, yang akan memicu kebocoran, senantiasa bersihkan setiap selesai beraktivitas. Dan gunakan oli yang berkualitas.
                                                          cara merawat hidrolik dump truck agar tetap awet dan tahan lama
Demikianlah tips perawatan mobil diesel dump truck yang perlu mendapat perhatian, agar tetap awet dan panjang umurnya. Adapun untuk komponen lainnya seperti accu, kabel-kabel, ban dan lainnya itu sudah menjadi hal yang wajib bagi pengendara untuk di perhatikan. Ikuti prosedur service berkalanya untuk mobil baru. Agar saat di kemudikan bukan saja kenyamanan yang kita dapatkan tetapi lebih utama adalah keselamatan.