Tahap-Tahap Cara Cepat Belajar Mengemudi Mobil Manual | Mobilkuhino



Cara Mengemudi Mobil Manual - Saya berpendapat anda menemukan artikel ini karena anda ingin tahu cara mengendarai mobil ?, atau anda baru saja membeli mobil baru, Dan ingin belajar dulu bagaimana cara menjalankan mobil manual ?

Bagi seorang pemula yang tidak tahu cara mengemudi mobil manual, biasanya yang terlintas dalam pikirannya untuk pintar menyetir mobil adalah dengan jalan belajar di lembaga kursus mengemudi.

Namun pada kesempatan ini, mobilkuhino jika anda benar-benar ingin belajar dan mahir mengemudikan mobil manual, tanpa mengikuti kursus mengemudipun anda bisa menyetir. Sebab apa yang di uraikan sebentar lagi adalah teori praktis yang lengkap dan detail sangat sesuai bagi pemula yang baru belajar. Namun untuk cara menggunakan lampu sen kiri kanan, cara menyalakan AC, serta cara menyalakan mesin tidak di jelaskan, di sini karena hal tersebut dapat anda pelajari sendiri.

Sebelum kita lanjut, kita perlu membedakan dulu dua kategori mobil, yaitu mobil manual serta mobil matik. Cara mengemudikan mobil manual sangat berbeda dengan sistem matic. Jika mobil yang anda ingin pelajari adalah mobil matic silahkan baca panduan cara mengemudi mobil matic. Sebab dua sistem transmisi kendaraan ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan dalam mengemudikannya.

Tahapan Cara Mengemudikan Mobil Manual


1. Gunakan Sabuk Pengaman 
Setelah anda masuk ke mobil sebaiknya gunakan sabuk pengaman, untuk menghindari benturan, namun jika anda merasa tidak nyaman dengan itu, anda bisa melepasnya.

2. Sebaiknya turunkan kaca jendela samping kiri kanan,
untuk lebih bisa melihat kaca spion, mendengar suara mesin lebih jelas serta yang paling utama adalah merasakan angin dari luar. Sebab bagi orang yang baru belajar, tentu feeling akan kecepatan mobil berbeda dengan orang yang sudah berpengalaman. Jangan sampai mobil melaju dengan cepat, namun tidak di rasakan. Hal ini tentu cukup beresiko.

3. Memahami dengan baik letak pedal pada mobil manual serta fungsinya
  • Pedal kanan adalah gas, untuk menjalankan mobil
  • Pedal tengah adalah rem, untuk menghentikan laju kendaraan
  • pedal kiri adalah kopling, untuk memindahkan gigi baik maju, maupun mundur

3. Menguasai tekhnik kopling :
Pada prinsinya, keberadaan kopling untuk membuat jeda antara putaran gigi pada mesin dengan putaran roda. Dengan di tekannya kopling kita dapat memasukkan gigi persenelang atau menggesernya tanpa mengganggu putaran gigi bahkan mbisa merusak gigi persenelang.

4. Sesuaikan tempat duduk anda, 
Hal itu bisa dilakukan dengan menggerakkan knop apakah anda ingin menggerakkannya maju atau mundur sampai anda menemukan posisi yang nyaman. Yaitu, posisi dimana kedua kaki dapat menjangkau pedal dan menekannya dalam-dalam, baik pedal gas, kopling, serta rem.

5. Memperhatikan panjang alur setiap pedal.
Cobalah untuk menekan tiap pedal dengan kaki, dan tahanlah, cobalah rasakan perbedaan tekanan tersebut, belajarlah untuk menginjak kopling full lalu lepaskanlah secara perlahan-lahan, begitupun dengan gas belajarlah untuk menekannya secara perlahan-lahan sembari menyalakan mesin mobil agar bisa merasakan dengungan suara mesin jika gas di tekan dengan kekuatan seperti ini.
Jika sudah menguasai dan yakin sampai tahap ini, saatnya untuk pindah ke tahap selanjutnya mengenai cara mengemudi mobil manual

6. Tentu kalian sudah mengenal tuas transmisi atau persenelang, 
jika belum silahkan di pahami dahulu, di mana posisi netralnya. arah perpindahan gigi. Untuk gigi 1 tuasnya di geser kemana ? kalau mau pindah ke gigi 2 di geser kemana ? gigi 3, 4, 5, 6 dan an track, semuanya perlu di pahami dahaulu sebelum menjalankan mobil.
Namun bagi yang baru belajar cukuplah memahami pergerakan sampai gigi 3.

Seperti yang di ulas pada poin sebelumnya untuk memindahkan gigi kita perlu menekan/menginjak kopling penuh.

7. Untuk tahap awal memulai menggerakkan mobil maju, 
setelah mesin hidup, injak penuh kopling, lalu geser tuas persenelang ke gigi 1 dengan posisi kopling masih terinjak penuh, pedal gas di tekan sedikit saja, sembari mengangkat perlahan pijakan kaki kiri dari pedal kopling,
memainkan kopling perlu di lakukan secara perlahan dan halus, di barengi dengan kaki kanan pada pedal gas yang halus juga, agar mesin tidak mati atau mobil terantuk.

8. Rem tangan

Rem tangan berfungsi adalah rem yang mengunci roda tidak jalan saat mobil parkir, Jadi sebelum menjalankan mobil silahkan tekan knop di ujung pedal rem tangan dan lepas kan ke bawah, agar rem tangan tidak berfungsi,

Begitu pun sebaliknya jika mobil di parkir / berhenti, tarik tuas ini ke atas dalam bunyi detak yang paling atas agar cengkeraman rem kuat. 

9. Sampai tahap ini, 
jika kita sudah bisa mengontrol pedal kopling serta gas, kita sudah bisa menjalankan mobil pelan-pelan.
Namun jika masih terantuk atau tidak normal, kita perlu mengulangi cara memindahkan gigi 1, angkat kopling serta menggunakan gas perlahan. Ulangi tahap ini sampai mobil bisa jalan dengan baik.

11. Pada prinsipnya memainkan kopling, 
jika kita terlalu cepat mengangkat kaki kiri maka mesin akan mati, jika mendengar suara mesin akan mati segera tekan kembali kaki kiri anda sampai pedal kopling terinjak full.
Kita perlu merasakan di mana suara mesin yang berfungsi ketika mesin berputar, sebab menekan kopling saat mesin berputar dan gigi sedang masuk dan kendaraan berjalan hal tersebut dan membuat komponen di dalam mesin cepat aus.

12. Ketika mobil jalan,
kita perlu mengenali di mana kita perlu memindahkan gigi. Sebab setiap rentang gigi memiliki batas kecepatan meski berada di ambang RPM tinggi, sebagai contoh, untuk mobil sampai 1500 cc, biasanya untuk memindahkan ke gigi 2 coba lihat speesometer di dashboard, batas maksimal adalah 2500 s/d 3000 rpm, meski setiap mobil memiliki batas percepatan yang berbeda meski memiliki merk dan jenis yang sama, sebab hal tersebut berhubungan dengan setelan kompresi.
Bunyi mesin menggeber atau berdengung serta kecepatan mobil tidak bernjak, itulah suara dimana kita harus memindahkan gigi,
Untuk memindahkan gigi kita tidak perlu mencapai batas suara tersebut, karena itu batas yang paling tinggi dan tidak mesti di ikuti

14. Cara untuk menghentikan laju kendaraan,
yah tentu kita perlu mengangkat perlahan kaki kanan dari pedal gas, sembari menginjak kopling penuh. dan tangan kiri memindahkan persenelang jika ke posisi netral,

15. menekan kopling penuh 
menyebabkan gigi persenelang tidak bekerja pda mesin sehingga mobil tidak akan melaju jika rem di tekan perlahan.

16. Cara menekan rem pun perlu di lakukan perlahan 
sambil merasakan di mana mobil akan di berhentikan. Pedal rem berada di tengah, dan yang injak tersebut adalah kaki kanan, jadi kaki kanan di pindahkan dari pedal gas ke kopling. Gas pun akan menurun, dan mobil akan berhenti.

15. saat rem di injak pedal kopling pun harus di injak 
agar mesin tidak terantuk.

16. Memang jika kita perhatikan secara teori cara mengemudi mobil manual emang ribet,
tidak seperti mobil matik. Namun jika pada tahapan-tahapan di atas telah di ulangi, dilatih, dan dilakukan dengan penuh perhatian, secara tidak sadar kita dapat menjalankannya tanpa ada lagi perasaan kaku pada kaki, begitupun dengan keseimbangan setir.

Cara mengemudi mobil matik tidaklah ribet seperti penjelasan yang ada di atas. Justru teorinya lebih susah dari pada praktik. Sebab mengendarai kendaraan bukan pikiran sadar yang bekerja tetapi mengendarai kendaraan apapun itu, mau mobil, motor, sepeda yang bekerja adalah alam bawah sadar, jadi hal tersebut di lakukan secara spontan, dan di lakukan tanpa di pikirkan.

Seorang sopir tidak pernah berpikir kapan gigi akan di pindahkan, tidak pernah berpikir kapan gas akan di turunkan, semuanya itu bisa di sesuaikan dengan kondisi jalan yang ada. Misalnya jika ada orang yang melintas di depan, secara tidak sadar seseorang akan mulai menurunkan laju mobilnya sembari menekan rem dan membunyikan klakson.

Mungkin terlalu panjang saya menulis tutorial cara mengemudi mobil manual, Selamat belajar !!! dan sukses selalu,