Berikut Tips Cara Membersihkan Turbo Intercooler Kendaraan | Mobilkuhino.blogspot.com


Cara Membersihkan Turbo Intercooler - Ada beberapa alasan kenapa turbo intercooler perlu di bersihkan. Seiring dengan berjalannya waktu, jarak tempuh kendaraan juga akan semakin meningkat, melewati berbegai medan yang berdebu, banyak polusi, begitupun kotoran lainnya.

Ilustrasi Image by Youtube
Kondisi cuaca dan iklim yang ekstrim juga turut serta dalam mempengaruhi kondisi dan performa turbo intercooler ini. Turbo intercooler pada kendaraan yang tidak baik dapat mempengaruhi performa mesin, karena bisa saja ia tersumbat oleh kotoran yang akhirnya menyebabkan mesin cepat panas. Sistem pembakaran menjadi tidak sempurna. Konsumsi bahan bakar tidak sebanding dengan tenaga yang di hasilkan.

Jika hal tersebut berlanjut, maka akan ada biaya sparepart bagian mesin yang akan aus atau kita sebagai pemilik kendaraan akan di bebankan biaya perbaikan pada mesin, begitupun jika mobil truck yang rusak tentu akan berdampak pada pendapatan kita akan berkurang.



Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan cara membersihkan turbo intercooler. Namun permasalahannya kemudian banyak di antara kita yang belum mengetahui cara mengatasi turbo intercooler yang kotor. Tindakan yang biasanya di ambil adalah membawa mobil ke bengkel, yang tentu saja akan memakan biaya.

Oleh sebab itu, bagi yang ingin mengetahui cara membersihkan turbo intercooler secara praktis instan dan baik adalah menggunakan alat atau cairan pembersih khusus untuk turbointercooler. Ada beberapa produk yang menangani hal itu, Sebut saja TUNAP CL 641 yang di rekomendasikan oleh BEHR. Produk tersebut banyak di jual di pasaran.

Produk pembersih turbo intercooler merupakan pembersih bertekanan tinggi dengan zat kimia yang mampu memberantas segala kotoran yang menyumbat. Karena ia High Pressure Pump.

Adapun Cara Membersihkan Turbo Intercooler Dengan Cairan Pembersih Khusus

  • Masukkan selang hisap ke dalam botol pembersih. 
  • Posisikan knop mesin hisap seperti pada gambar di bawah ini
cara membersihkan turbo intercooler
  • Pilih ukuran pipa yang sesuai agar kita bisa menjangkau celah celah atau bagian-bagian di sekitar turbointercooler agar dapat terjangkau maksimal.
  • Setelah cairan pembersih habis, diamkan selama setengah jam lalu bilas.
Cara membersihkan turbo intercooler mitsubishi canter

Artikel terkait :

Setelah turbointercooler bersih maka sirkulasi panas pada kendaraan akan optimal begitupun dengan suhu operasi mesin akan menjadi normal, hal tersebut akan menghemat waktu dan tenaga. Demikianlah Salah satu Cara membersihkan turbo intercooler secara maksimal dengan menggunakan cairan pembersih khusus, Dengan menggunakan cairan seperti itu akan menghemat waktu dan tenaga kita untuk membersihkannya serta dapat menjangkau bagian-bagian yang susah untuk di jangkau.