Tips Cara Mengetahui kapasitas oli mesin mitsubishi canter | Mobilkuhino


Kapasitas oli mesin mitsubishi canter - Mungkin ada yang bertanya, berapa sih kapasitas oli mesin yang sebenarnya pada mobil truck canter ? berhubung oli mesin merupakan bagian fital bagi kinerja sebuah mesin. bukan saja mobil truck tetapi hampir semua merk mesin yang berpelumas oli membutuhkan service atau perawatan mesin yang baik. Nah salah satu bentuk perawatan mobil adalah dengan memperhatikan kadar volume oli mesinnya, Kadar oli yang pas ukurannya tidak lebih dan juga tidak kurang.

Sebuah engine sudah di desain sedemikian rupa, komponen komponen yang ada di dalamnya membutuhkan pelumas yang baik. Agar kinerja mesin tetap optimal dan awet untuk jangka waktu yang lama. Memperhatikan Kapasitas oli mesin adalah salatu poin pentung menjaga mesin tetap awet, selain dari kualitas oli itu sendiri.

Nah, pada kesempatan ini mobilkuhino akan mengulas kapasitas oli mesin mitsubishi canter. Setelah sebelumnya kapasitas oli mesin hino telah di ulas di artikel yang lain, Nah saatnya untuk melihat mobil truck canter. Berhubung mitsubishi canter sebagai salah satu truck komersil yang banyak penggemarnya.


cara mengetahui kapasitas oli mesin

Berapa kapasitas oli mesin mitsubishi canter ?

Baiklah untuk menjawab pertanyaan ini, saya ingin memberikan panduan sederhana yang simple, jadi setelah mengetahui hal ini, maka mobil apapun yang anda miliki tidak perlu bingung atau bertanya ke bengkel mengenai daya tampung atau kapasitas oli mesin anda.

Awalnya panduan ini saya peruntukkan untuk mobil canter, namun berlaku untuk semua jenis kendaraan entah itu mobil atau motor.
 


Tiap kendaraan memiliki tongkat celup mobil, yang bertujuan untuk mengecek dan memeriksa kadar dan kualitas oli. Letak tongkat celup mobil ini berada di punggung mesin bagian atas yang memiliki tuas penarik. Panjangnya untuk tiap mobil berbeda tergantung dari kedalaman mesin itu sendiri. Karena tongkat ini di desain agar ia bisa menyentuh sampai bagian paling dalam dari mesin.
Di ujung tongkat memiliki 2 atau 3 garis penanda, untuk garis pertama oli mesin kurang, untuk baris ke 2 atau tengah normal, dan yang ke 3 itu menandakan oli mesin terlalu banyak. 


  • Untuk mengetahui kapasitas oli mesin mobil, silahkan panaskan terlebih dahulu mesin mobil, parker di tempat rata, lalu di amkan lebih dari 10 menit. Agar oli kembali mengumpul ke dasar mesin.
  • Pegang kain lap atau tisu, kemudian taruk dipstick atau tongkat celup mesin dengan sedikit sentakan, lalu bersihkan.
  • Masukkan kembali dipstick tersebut, ke posisi semula, lalu tarik kembali. Nah yang perlu di perhatikan adalah parameter seperti yang telah di sebutkan di atas. Jika berada paling bawah berarti perlu di tambah, jika di tengah normal ataukah oli mesin perlu di kurangi jikamenunjuk garis bagian paling atas.
kapasitas oli mesin mitsubishi canter

catatan : Jika dipstik mobil kita hanya memiliki 2 garis penanda, maka sebisanya oli mesin berada di tengah antara 2 garis tersebut,
  • Jika selesai masukkan kembali tongkat selup oli mesin kesedia kala.


Demikianlah cara mengetahui kapasitas oli mesin mitsubishi canter atau di semua merek mobil
lain. semoga ulasan ini bermanfaat bagi sobat onliner sekalian. Terima kasih!