Rumus Cara Setel Mesin Diesel Canter Agar Lebih Bertenaga


Cara Setel Mesin Diesel Canter Agar Lebih Bertenaga - Halo sobat otomotif sekalian, kali ini mobilkuhino.blogspot.com akan membagikan tutorial cara setel mobil canter agar lebih kencang dan bertenaga. Sebagaimana kita ketahui setiap mesin itu akan mengalami keausan seiring dengan berjalannya waktu. Mobil baru akan nyaman di kendarai, tenaganyapun kuat. Hal ini akan berbeda jika mobil truck itu sudah beroperasi lama, sedangkan kitapun tidak terlalu memperhatikan maintenance bagi mesin tersebut.

Sebagai pemilik mobil truck canter yang sudah berumur lama, tentu tenaga yang di keluarkannyapun sudah melemah, untuk memeacu kembali tenaga mobil canter agar dapat seperti baru kembali dapat mengikuti panduan yang ada di artikel berikut ini. tentunya tidak seperti mesin yang baru. Namun dalam hal ini kita hanya ingin mendongkrak tenaga canter yang melemah agar bisa berfungsi maksimal.

Cara Setel Mesin Diesel Canter Agar Lebih Bertenaga

1. Setel Klep atau katup

Langkah pertama yang perlu di lakukan dalam melakukan settingan pada mesin canter adalah menyamaratakan setelan pada klepnya, di ukur sampai dengan 49, setelah semua katup di setel rata dengan ukuran seperti di atas, maka langkah selanjutnya adalah setel pada bospom

2. Bospom

Untuk cara setel bospom pada mesin diesel canter, adalah cukup sederhana yaitu menyediakan obeng Plat dan kunci nomor 12. Buka mor penutup pada bospom atau turbo canter berikut cincin pen nya,
Cara setel bospom mesin diesel canter



setelah terbuka, selanjutnya setel bospom dengan cara menggunakan obeng plat atau obeng pipih, namun sebelum setel pakai obeng pipih terlebih dahulu kita longgarkan mor perekat yang ada di pangkalnya dengan menggunakan kunci 12,

meningkatkan tenaga mesin diesel dengan cara setel bospom
Setelah longgar baru kita bisa memutar kedalam atau kekanan dengan setengah putaran atau kurang lebih 180 derajat, setelah itu kita eratkan kembali mor yang ada di pangkalnya tersebut. agar setelan tidak lagi goyang. kemudian masukkan kembali pen cincin berikut mor penutupnya. Terakhir eratkan kembali mor penutup tersebut.

3. Ganti Filter Solar

Ada beberapa mekanik atau pemilik kendaraan mensinyalir bahwa untuk menambah tenaga mesin canter cukup dengan setel turco atau bospomnya saja, padahal jika setel bospom tanpa setel katup itu akan menjadikan mobil boros minyak yang berakibat pada asap yang menggumpal hitam.
Langkah ketiga untuk menambah tenaga mobil canter adalah mengganti saringan / filter solar dengan filter milik fuso. Ini sangat membuat nyaman tarikan mesin.

4. Naikkan POM Minyak

Setel tenaga mesin canter tanpa memperhatikan atau setel pada pompa minyak akan menjadikan mesin cepat aus, oleh sebab itu naikkan sedikit pompa Minyak, agar suply bertmabah ke ruang mesin, Tidak perlu banyak banyak menaikkan POM minyak, hanya sedikit saja. 




Artikel terkait : 

Demikianlah Artikel Cara setel mesin diesel Canter agar lebih bertenaga, yaoti langkah pertama setel klep lalu beralih ke setel bospom atau turbonya, lalu ganti filter solar, Lalu naikkan sedikit Pompa minyaknya. Dengan begitu mobil canter yang biasanya ngosngosan jika memuat beban berat atau ketika melewati jalan pendakian, maka hal ini akan terasa sekali perbedaannya