Cara mengemudi mobil matic – Tentu kalian sudah akrab dengan
istilah matic. Istilah matic sendiri sudh di kenal masyarakat luas. Pasalnya, sejak
15 tahun terakhir ini industry otomotif demikian gencar dan menelurkan inovasi-inovasi
terbarunya. Salah satunya adalah
kendaraan yang bertransmisi otomatis.
![]() |
image by google |
Sebelum kita lanjut ke tujuan di tuliskannya artikel ini
yaitu cara menyetir mobil matik atau mobil yang bertransmisi otomatis,
mobilkuhino akan memberikan sedikit gambaran mengenai mobil matik di bandingkan dengan mobil manual
dari sistem kerja mesinnya.
Setiap kendaraan, entah itu mobil ataukah motor memiliki
sistem percepatan yang di sesuaikan dengan siapa yang mengemduikannya. Misalnya
saja mobil yang bertransmisi manual, memiliki sistem perseneling untuk mengatur
perpindahan gigi, muali dari gigi 1, gigi 2 gigi 3 sampai dengan gigi 6 ataukah
lebih tergantung dari jenis mobilnya.
Setiap gigi perseneling memiliki batas kecepatan yang tidak
dapat di lampaui biar pada RPM sampai garis merah. Misalnya pada gigi 3, kecepatannya tetap akan
begitu pada RPM tinggi jika kita tidak memindahkannya ke gigi di atasnya.
Disinilah perbedaan yang paling mencolok antara mobil matik
dan mobil yang menggunakan perpindahan gigi secara manual. Dala mobil matik
tidak ditemukan pedal kopling serta pedal perpindahan gigi transmisi.
Jadi di sini kalian sudah memiliki gambaran seperti apa cara
mengemudikan mobil manual dan cara mengemudikan mobil matik. Baiklah jika masih bingung dengan penjelasan
di atas. Di bawah saya akan tunjukkan cara menyetir mobil matik
Tata Cara Mengemudikan Mobil Matik Bagi Yang Baru Belajar
Saya anggap kalian telah mengenal betul bagian-bagian mobil
yang perlu di ketahui oleh seorang sopir.
Dan yang paling utama di pahami oleh seorang pemula yang baru nyetir
mobil adalah mana yang di maksud rem ? mana kopling, mana pedal gas,
persenelang, dan sebagainya. Namun menyetir mobil matik kita tidak
memiliki kopling. Ok. langsung saja cara mengendarai mobil matic sebagai berikut :
1. Setelah mesin hidup, untuk menjalankan mobil bergerak maju
kita injak pedal rem lalu geser pedal transmisi ke posisi D, sedangkan untuk
membuatnya mundur kita geser pedal transmisinya ke posisi R. Sesuai dengan
keinginan anda.

3.Jika melewati jalan
menanjak, pindahkan tuas ke posisi L/1. Posisi ini adalah posisi di mana
kekuatan mobil dapat merangkak di medan berat seperti pendakian.
4. Jika ingin memarkir mobil, kita perlu memindahkan tuas dari
posisi D ke posisi P. Jika hal ini tidak di lakukan maka kunci kontak tidak
dapat terbuka.
Hanya seperti itu cara mengemudikan mobil matik. Yah cukup
sederhana dan sangat mudah mempelajarinya di bandingkan dengan mobil yang
bertransmisi manual. Sebab mobil manual ada banyak yang perlu di perhatikan,
mulai dari menginjak kopling, cara memindahkan perseneling dari gigi satu ke
gigi selanjutnya.
Perpindahan gigi adalah hal yang cukup sulit di lakukan bagi
orang yang baru belajar naik mobil. Pasalnya bagi orang awam memindahkan gigi,
terkadang mobil mati medadak, mobil melaju tidak terkontrol, dan lain
sebagainya.Hal ini di sebabkan tidak sinkronnya antara gas, kopling dan
perpindahan gigi.
Sedangkan cara mengendarai mobil matic, saat mobil sudah
melaju maka kita hanya focus pada pedal gas, jadi yang banyak bekerja adalah
kaki kanan saja. Pada mobil matik, saat mobil dalam kondisi normal atau idle
tanpa menekan gas pun biasanya mobil tetap akan melaju jika posisi tuas berada
di D.
Tentu kalian akan bertanya ! wah bahaya dong kalo gitu,
bisa-bisa mobil langsung melaju kalau kontak di nyalakan. Sebagai antisipasi dari
kecanggihan mobil matik ini atau lebih tepatnya mobil keluaran terbaru. Mesin
tidak bisa hidup kalau kita tidak menekan rem. Dan meski mesin sudah menyala
rem masih perlu di tekan untuk memindahkan tuas persenelangnya ke posisi D atau
R untuk mundur.
Itulah kemudian yang menjadi salah satu factor mobil yang
bertransmisi otomatis atau matik di gemari, karena dalam menyetirnya kaki kiri
tidak banyak bekerja. Apalagi buat wanita yang baru belajar mereka cenderung
memilih mobil matik. Begitupun dalam kondisi jalan ramai atau macet, kita tidak
perlu capek menekan kopling seperti pada mobil manual.
artikel terkait : Cara menyetel karburator kendaraan / mobil
Demikianlah artikel cara mengemudi mobil matic secara
ringkas, walau pada praktik pembelajaran nantinya ada banyak yang perlu di
pahami lebih lanjut, seperti senteran mobil, cara berbelok, dan lain
sebagainya, namun hal itu hanya bisa di ketahui jika langsung di praktikkan.
Selamat belajar !!!